Senin, 07 Mei 2012

Pengertian Sejarah

                        Pengertian sejarah menurut bahasa
                      
          Sejarah, dalam bahasa Indonesia dapat berarti riwayat kejadian masa lampau yang benar-benar terjadi atau riwayat asal usul keturunan (terutama untuk raja-raja yang memerintah).
Kata Sejarah berasal dari kata Syajaratun(شجرة:) atau Syajarah dalam bahasa Arab yang artinya pohon atau silsilah.pohon dalam hal ini di hubungkan dengan keturunan atau asal usul keluarga raja/dinasti tertentu.hal ini di jadikan elemen utama dalam kisah sejarah pada masa awal.di katakana sebagai pohon sebab pohon akan terus tumbuh dan berkembang dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih konflek.
Tugas :
·       Pengertian Pra Sejarah Menurut para ahli dari luar negeri dan dalam negeri. Pengertian Sejarah menurut para ahli\tokoh dari dalam negeri dan luar negeri.
·       Pengertian Sejarah menurut para ahli dalam negeri dan luar negeri.
·       Bahasan mengenai sejarah menurut seluruh bahasa di dunia lengkap dengan sumbernya.

Jawaban :
·         Prasejarah atau nirleka (nir: tidak ada, leka: tulisan) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada masa di mana catatan sejarah yang tertulis belum tersedia. Zaman prasejarah dapat dikatakan bermula pada saat terbentuknya alam semesta, namun umumnya digunakan untuk mengacu kepada masa di mana terdapat kehidupan di muka Bumi dimana manusia mulai hidup.
Prasejarah Menurut Para ahli  luar negeri :
    1. Vere Gordon Childe ialah, menggunakan arkeologi untuk menjelaskan banyak kejadian-kejadian penting di tempat-tempat yang biasanya termasuk dalam lingkup sejarah (dan bukan pra-sejarah murni). Pemisahan seperti ini juga dikritik karena mengesampingkan beberapa peradaban, seperti yang ditemukan di Afrika Sub-Sahara dan di Amerika sebelum kedatangan Columbus. secara perlahan-lahan selama beberapa dekade belakangan ini, pemisahan antara sejarah dan prasejarah sebagian besar telah dihilangkan.( Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
    2. Richard J. Evans, seorang profesor bidang sejarah moderen dari Univeritas Cambridge di Inggris, membela pentingnya pengkajian sejarah untuk masyarakat.Sejarah adalah topik ilmu pengetahuan yang sangat menarik (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
    3. Filsuf dari Jerman, Georg Wilhelm Friedrich Hegel mengemukakan dalam pemikirannya tentang sejarah: “Inilah yang diajarkan oleh sejarah dan pengalaman: bahwa manusia dan pemerintahan tidak pernah belajar apa pun dari sejarah atau prinsip-prinsip yang didapat darinya.” Kalimat ini diulang kembali oleh negarawan dari Inggris Raya, Winston Churchill, katanya: “Satu-satunya hal yang kita pelajari dari sejarah adalah bahwa kita tidak benar-benar belajar darinya.”
      Winston Churchill, yang juga mantan jurnalis dan seorang penulis memoar yang berpengaruh, pernah pula berkata “Sejarah akan baik padaku, karena aku akan menulisnya.” Tetapi sepertinya, ia bukan secara literal merujuk pada karya tulisnya, tetapi sekadar mengulang sebuah kutipan mengenai filsafat sejarah yang terkenal: “Sejarah ditulis oleh sang pemenang.” Maksudnya, seringkali pemenang sebuah konflik kemanusiaan menjadi lebih berkuasa dari taklukannya. Oleh karena itu, ia lebih mampu untuk meninggalkan jejak sejarah — dan pemelesetan fakta sejarah — sesuai dengan apa yang mereka rasa benar.( Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

Pengertian Prasejarah menurut para ahli dalam negeri :
1.      H.Roeslan Abdulgani, Prasejarah itu adalah satu bidang ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan dimasa lampau,beserta segala kejadian-kejadiannya dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitian dan penyelidikan tersebut,untuk akhirnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah program masa depan.( Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
2.      H. Moh.Yamin, Prasejarah Indonesia menurut paham ilmiah ialah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.( Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
3.      E.Bernheim, Prasejarah itu ilmu yang menyelidiki dan menceritakan peristiwa-peristiwa dalam waktu dan ruang yang dihubungkan dengan perkembangan aktivitas manusia sebagai kehidupan masyarakat dalam hubungan timbale balik antara rohani dan jasmaniah.( Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
  • Pengertian Sejarah dari Dalam negeri :
    1. Menurut Muthahhari, ada tiga cara mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan, yaitu:
      a. sejarah tradisional (tarikh naqli) adalah pengetahuan tentang
      kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini.
      b. sejarah ilmiah (tarikh ilmy), yaitu pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau yang diperoleh melaluipendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau.
      c. filsafat sejarah (tarikh falsafi), yaitu pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.( Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)
    2. Drs. Sidi Gazalba mencoba menggambarkan sejarah sebagai masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kefahaman tentang apa yang berlaku.(Dari Wikipedia bahasa Indonesia,ensiklopedia bebas)
    3. R. Moh Ali, pengertian sejarah ada 3 yaitu:
      a). Sejarah adalah kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa seluruhnya yang berkaitan dengan kehidupan manusia.
      b). Sejarah adalah cerita yang tersusun secara sistematis (serba teratur dan rapi)
      c). Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian pada masa lampau. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia,ensiklopedia bebas)

Pengertian Sejarah dari Luar Negeri :
1.      Sejarah, menurut E.H. Carr dalam buku teksnya What is History, adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan lampau, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia,ensiklopedia bebas)
2.      Patrick Gardiner menyatakan sejarah sebagai ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.( Dari Wikipedia bahasa Indonesia,ensiklopedia bebas)
3.      Menurut R. G. Collingwood, Sejarah ialah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.( Dari Wikipedia bahasa Indonesia,ensiklopedia bebas)

1 komentar:

  1. Info yang sangat lengkap dan detail...trimakasih, ini bermanfaat buat saya...salam dari Catatan YR

    BalasHapus